4 Tahapan Pembuatan Website

Jika Anda website developer atau mereka yang ingin mengetahui pembuatan website dari hulu sampai hilir berikut pemaparan tahapan pembuatan website.

1. Perancangan(Web Design)

Untuk membuat suatu website yang baik anda memerlukan perencanaan yang matang. Hal yang pertama anda lakukan adalah menentukan model perancangan Software. Ada baiknya jika anda sudah mengetahui cakupan website anda dan berapa lama waktu yang akan digunakan. Sebelum anda membuat file HTML atau mendesign front-end anda membuat desain di kertas terlebih dahulu(Sketching). Hal ini akan memberikan gambaran semetara untuk anda bentuk website anda karena jika anda membuat langsung di HTML dikhawatirkan akan memakan waktu yang lama jika anda ingin mengubahnya. Tentukanlah anda ingin membuat dengan front-end framework apa,dan dibangun berdasarkan php-framework atau javascript-framework. Ada baiknya anda menggunakan management software agar project anda berjalan dengan lancar.

2. Pemerograman Website(Web Programming)

Pemerograman website bisa dibilang proses yang sulit disini anda akan membuat website sesuai dengan desain dan jika anda diminta untuk membuat website yang responsive maka anda harus membuat beberapa desain. Sebagai programmer anda harus berhati-hati agar tidak melakukan kesalahan yang fatal lihat juga Kesalahan-kesalahan programmer.

3. Website Admin(Web Administration)

Website Admin sebenarnya banyak bagiannnya. Sebagai developer biasanya anda juga disuruh untuk menaruh atau mendaftarkan website anda di google analitik. namun ada juga yang meminta anda menambahkan widget facebook, baik itu fan page, like button,atau login menggunakan facebook. tidak hanya terbatas di facebook ada juga yang meminta menaruh link twitter, google+ dan sosial media lain.

4. Keamanan Website(Web Security)

Pada bagian ini adalah bagian yang bisa disebut tidak mudah namun tidak sulit juga. Pada bagian ini anda harus mengetahui hal-hal yang bisa merusak dan mensabotase website anda. Karena jika terjadi hal ini sangat membuat frustasi. Ada baiknya anda membackup website anda di harddisk atau didalam komputer lain secara berkala. Hal ini untuk meminimalisir kerusakan yang dihasilkan. Jadi anda dapat langsung menroll-back website anda.

Note: Jika ada yang ingin menulis ulang di blog, forum,social media dll sebaiknya di cantumkan sumbernya yaitu https://muhammadyasin89.blogspot.com/

Comments

Popular posts from this blog

10 CMS untuk Forum

11 Website yang Membayar Anda untuk Meng-upload File

10 Soal Ujian dari Perusahaan untuk Web Programmer