15 Guide untuk Para Programmer yang Sudah Menjadi Ayah

Menjadi Programmer sekaligus Ayah bukan hal yang mudah menurut saya apalagi di mana gaji kamu sebagai programmer di bawah 2 digit. ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika bekerja seperti programmer dan memiliki anak. Menjadi Ayah sendiri pun di indonesia memiliki banyak tantangan sepeti biaya vaksin,biaya vaksin, biaya rumah, biaya transportasi yang mahal. Belum lagi di banding-bandingkan dengan kerabat atau kenalan orang tua yang sukses.  Belum lagi jika tinggal bersama dengan ibu mertua pasti banyak lagi permasalahan yang Anda hadapi. Berikut ini beberapa tips Menurut pengalaman saya yang bisa saya share.

1. Buat Rutinitas Secara Disiplin

Hal yang harus kita sadari adalah kebiasaan anak sebagian besar akan mirip dengan kebiasaan orang tuanya. Oleh sebab itu akan lebih baik jika kita ingin membuat anak kita menjadi seperti yang kita inginkan, kita harus membentuk diri kita terlebih dahulu nanti anak kita akan mengikuti kita. Karena fitrah anak ingin menjadi seperti orang tuanya, laki-laki akan cenderung mengikuti ayahnya dan perempuan lebih cenderung mengikuti ibunya.


2. Mulai Disiplin dalam menggunakan uang

Pemakaian uang sangat saya rasakan berbeda ketika lajang, Jika anda sudah menikah maka anda harus lebih sering mengatur uang anda secara teliti, sishkan uang harian, uang untuk biaya tidak terduga dan uang untuk biaya obat. Persepsi orang yang banyak salah adalah jika sudah mendapatkan asuransi dari kantor maka saya tidak perlu lagi khawatir biaya kesehatan. Jika asuransi anda all cover maka anda bisa mengatakan hal di atas tapi sayangnya banyak asuransi indonesia yang tidak seperti itu salah satunya m***. Yang saya alami sekarang saya harus check dan recheck sebelum ke rumah sakit, selain itu saya juga harus mengechek lagi ketika ada di kasir dan ketika mendapatkan tagihan. Berdasarkan pengalaman saya ada beberapa kali biaya yang seharusnya di cover tapi jadi tidak di cover di karenakan tidak mengertinya bagian kasir atau keselahan pihak asuransi.

3. Sangat Selective Ketika ingin Belajar Bahasa Baru

Hal ini yang paling sering di alami oleh para programmer yang ingin agar cariernya lebih bagus lagi, ingin belajar hal-hal baru. Di dukung juga oleh perkembangan teknologi dan trend di dunia programming, ketika knockoutj pertama kali keluar banyak orang yang belajar ember, tidak lama kemudian angular pertama kali keluar orang berbondong-bondong belajar angular, lalu keluar reactjs, go, dan lain-lain. Jika anda ingin menjadi programmer yang handal, anda tidak perlu mempelajari semua. Hal itu yang di katakan jhon sonmez pendiri simple programmer. Hal ini bukan tanpa alasan dia juga mengatakan "spesific Knowledge will be useless if you not using it", artinya pengetahuan yang spesific akan menjadi tidak berguna ketika kita tidak menggunakannya. Bayangkan kita bekerja di tempat yang menggunakan php, lalu kita belajar go. setelah kita menguasai go, ternyata persuahaan kita tidak ada keinginan dan keperluan membuat aplikasi go. Serta kita juga tidak mengambil side job menggunakan go. Pengetahuan go kita akan menjadi tidak berguna. Pelajari bahasa yang pasti anda gunakan dan yang akan anda gunakan 1-10 tahun mendatang.

4. Mulailah Membuat Product Sendiri

Sebenarnya hal ini harus dimiliki oleh setiap programmer baik yang sudah menikah maupun yang belum. Di karenakan gaji programmer di indonesia yang bisa di bilang kecil di beberapa perusahaan dan memakan waktu yang luar biasa banyak. Ada baiknya anda memulai membuat produk sendiri serta membuat network sendiri. Coba contoh mereka yang bisa membuat product dari ide yang mereka memiliki dari menyelesaikan permasalahan di sekitar mereka, seperti facebook, whatsup, linkedin, alibaba. Anda juga memiliki kesempatan yang sama hanya perlu mencari product apa yang cocok untuk anda.

5. Berhati-hatilah dalam mengambil side Job

Satu hal yang pasti jika anda sudah menjadi seorang ayah adalah anda tidak memiliki banyak waktu, jadi anda harus berhati-hati ketika mau mengambil side job. aa beberapa hal yang harus anda perhatikan.
a. apakah anda bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan asumsi anda mendapatkan permasalahan dalam pengerjaannya.

b. Apakah pihak yang memberikan anda pekerjaan bisa di percaya dan dapat di ajak toleransi.

c. apakah ada project kantor yang membutuhkan extra waktu.

Pengalaman saya, pernah saya mengambil side job dimana antara deadline side job dan deadline pekerjaan saya bersamaan waktunya. Jadi saya memilih untuk mengerjakan job saya, akhirnya pihak  yang memberikan side job mendatangi kantor saya ketika saya tidak ada. Bisa di bilang saya agak tersinggung dengan hal ini. Jadi jika anda ingin mengambil side job lihat dulu point-point di atas,


6. Jangan Menambah masalahmu di kantor(dont cheat)

Ada beberapa kasus yang saya lihat ketika seseorang sudah menikah banyak diantara mereka yang merasakan passion atau rasa cinta kepada pasangan hilang dan akhirnya mencari selingkuhan di luar, dan sangat banyak yang mencari mangsa justru di tempat kerja. Ada beberapa hal yang harus anda ketahui, mencari selingkuhan berarti anda sedang merakit bom waktu anda sendiri, selain anda akan kehilangan kepercayaan dari banyak orang anda juga akan mengakhiri pernikahan yang anda buat dengan susah payah. Jika memang pasangan anda tidak bisa di pertahankan ada baiknya anda membicarakan baik-baik dan mengakhiri pernikahan secara baik-baik di bandingkan anda membuat masalah baru. Dan mencari selingkuhan dalam satu kantor adalah hal yang terbodoh menurut saya.
Tips dari saya, saya selalu berusaha menempatkan kegiatan di rumah tangga sebagai ibadah sehingga beban yang saya rasakan tidak begitu berat.

7. Mulai Kurangi Aktivitas Membuang waktu

Point ini pasti banyak di benci oleh sebagian dari kita, saya ambil contoh main dota adalah kegiatan yang harus di kurangi, di karenakan anda tidak memiliki spare untuk bermain lagi ketika anda memiliki anak, namun hal ini berbeda jika anda bisa mempekerjakan pembantu atau baby sister. Akan tetapi jika penghasilan anda pas-pasan ada baiknya anda mulai mengurangi waktu main anda, bahkan ada kalanya anda merelakan waktu tidur anda. Apakah waktu itu di gunakan untuk bekerja, atau membuat bisnis baru dan lain-lain. Dikarenakan anda sudah menjadi ayah ada baiknya anda menggunakan waktu dengan sangat bijaksana.

8. Berusaha Tidur Pada Saat Ada Kesempatan

Ketika anda memiliki bayi apalagi anda memiliki bayi kedua anda akan lebih sering terjaga, dan yang pasti rutinitas anda tergangu. Dengan keadaan seperti ini anda pekerjaan kantor anda akan menurun karena anda kekurangan tidur. Ada baiknya anda tidur di kesempatan yang ada.

9. Rencanakan Carier Anda 1-20 Tahun Mendatang

Ketika anda sudah menjadi ayah pasti anda akan membuat rencana-rencana kedepan, baik itu masalah rumah, masalah mobil, masalah vaksin anak anda, masalah sekolah anak anda. Hal ini sangat erat kaitannnya dengan masalah karier anda. Anda harus memiliki rencana untuk beberapa tahun mendatang. Anda ingin menjadi apa, jika anda ada di posisi programmer apakah anda ingin mencoba naik jabatan di perusahaan yang sama atau dengan pindah perusahaan. Semua memiliki plus minus, dan yang paling penting mengapa banyak yang membuat rencana tapi tidak terlaksana di karenakan mereka tidak memberikan tengang waktu untuk rencana yang sudah di buat.

10. Siapkan Tabungan untuk Biaya Tidak Terduga

Ketika kita memiliki istri dan anak akan banyak hal-hal yang terjadi di luar perkiraan kita. Walaupun kita sudah merencanakan semaksimal mungkin pasti ada kejadian mendadak, apakah tiba-tiba istri sakit ketika project kantor sedang deadline. atau anak tiba-tiba sakit dan harus di rawat, apakah mobil di tabrak atau nabrak, dan lain-lain. Untuk itu selalu siapkan uang bisa kita gunakan pada masa-masa genting sangatlah penting.

11. Pererat Silaturahmi

Memperat silaturahmi adalah hal yang penting, karena banyak pekerjaan yang kita bisa dapat bukan dari linkedin atau jobstreet, namun bisa lewat kerabat terdekat, ataupun anda bisa mendapatkan project lewat saudara atau kerabat. Di saat gentingpun anda akan merasakan bahwa orang yang paling dapat di andalkan adalah kerabat. Tidak semuanya namun ada beberapa orang yang bisa di andalkan. Lagipula mempererat silaturahmi adalah perintah agama jika anda beragama islam.

12. Ikuti Passionmu

Ikuti passion yang anda miliki adalah hal yang penting juga, saya bertemu dengan beberapa orang yang terus berganti karier. Maksudnya di sini adalah, satu tahun menjadi programmer, satu tahun menjadi designer, dan lain-lain. Jika anda ingin merubah karier pastikan anda memiliki alasan yang kuat bukan hanya karena uang tapi juga karena passion.

13. Update CV Anda Selalu

Hal yang sering di lupakan oleh mereka yang sudah bekerja adalah mengupdate CV. CV tidak hanya berguna untuk mencari pekerjaan baru namun juga mendapatkan sidejob. Mengupdate CV di usahakan jangan ketika anda ingin mencari pekerjaan baru saja, karena kesempatan datang pada waktu yang tidak bisa kita tentukan.

14.  Bersikap seperti pemimpin

Hal ini yang sulit di aplikasikan menurut saya, namun setiap suami adalah pemimpin rumah tangganya. Maksudnya disini dia yang bertanggung jawab terhadap istri dan anak-anaknya. Sebagai pemimpin kita harus tahu apa yang terjadi dengan orang-orang yang kita pimpin dan kita harus merencanakan bagaimana kedepannya. Ada kalanya sebagai pemimpin kita harus menanggung hal yang kita tidak perbuat seperti, anak berkelahi dengan anak lain, atau istri yang tidak sengaja menabrak mobil orang lain dan banyak lagi. Anda harus bisa menempatkan diri sebagai pemimpin di banyak hal, di karenakan jika anda menyerah maka yang terkena imbasnya ke anak dan istri anda.

15. Sabar adalah kunci keberhasilan

Hal-hal di atas tidak bisa terlaksana jika anda tidak memiliki kesabaran. Kesabaran adalah hal yang penting bagi orang tua. Anda harus sebar menghadapi anak dan istri anda, kerabat anda, atau bahkan teman kerja yang membuat anda jengkel, sabar dalam meniti karier anda, atau sabar dalam menjalankan usaha anda. Percayalah bahwa dengan kesabaran akan menghasilkan hasil yang indah pada waktunya.

Mau Tau Test-test Algoritma Perusahaan? Lihat di sini..


Demikian tips sebagai ayah dan programmer yang saya rasakan jika ada tambahan ataupun sanggahan bisa di tuliskan di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.




Comments

  1. Do you need free Twitter Re-tweets?
    Did you know you can get them ON AUTO-PILOT & TOTALLY FREE by getting an account on Like 4 Like?

    ReplyDelete
  2. If you're trying hard to burn fat then you have to start using this brand new custom keto diet.

    To create this service, licenced nutritionists, fitness couches, and cooks joined together to develop keto meal plans that are powerful, convenient, price-efficient, and delightful.

    From their first launch in early 2019, 100's of people have already remodeled their figure and health with the benefits a professional keto diet can offer.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover 8 scientifically-proven ones provided by the keto diet.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 CMS untuk Forum

11 Website yang Membayar Anda untuk Meng-upload File

10 Soal Ujian dari Perusahaan untuk Web Programmer