Tips untuk Membuat Judul Skripsi Bagi Mahasiswa IT

Setiap mahasiswa pasti harus melewati tahapan berikut. Biasanya tahapan ini yang paling bikin hidup mahasiswa berwarna dan banyak juga yang baru merasakan kehidupan kuliah yang sebenar-benarnya di tahap ini. Masalah yang biasa di hadapi mahasiswa selain masalah IPK dan dosen adalah masalah judul skripsi. Saya berikan trik untuk memilih judul supaya anda tidak terhambat karena harus ganti judul, ganti judul berarti harus submit ulang dan lain-lain. Berikut ini beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum anda memutuskan judul skripsi

1.Usahakan lingkup Skripsi yang anda ambil wajar.

Poin nomor satu di sini menekankan supaya anda mengambil judul sesuai porsinya. Dengan kata lain jangan terlalu sulit dan lingkupnya terlalu luas sehingga buakan untuk skripsi tapi bisa juga di ajukan untuk thesis. Usahakan anda tidak perlu mengelilingi indonesia untuk mengambil sample, karena jika lingkupnya nasional daripada anda jadikan skripsi lebih baik anda jadikan thesis. Lingkup yang terlalu luas akan menyulitkan anda menyelesaikan skripsi anda.

2.Carilah bidang yang Mudah mendapat Data.

Poin ke dua membahas tentang data. Sebelum anda mencar judul ada baiknya anda melihat institusi yang akan menjadi sumber data anda. Jika anda membuat sesuatu yang berhubungan dengan Pertahanan atau Keuangan (data yang harus di dapat dari BI) maka saya menjamin bahwa anda akan kesulitan meskipun anda memiliki link yang kuat. Karena data tersebut sangat sensitive dan akan berdampak bahaya jika jatuh ketangan orang yang salah atau negara lain.

3.Carilah Judul skripsi yang bisa anda gunakan di kemudian hari

Poin ini menekankan agar anda mencari judul skripsi yang anda bisa gunakan lagi untuk lomba atau anda bisa teruskan di thesis,  atau bisa anda jadikan data untuk bisnis anda atau anda jual keorang lain data anda. Yang pasti usahakan tidak membuat skripsi yang hanya di pakai sekali tapi skripsi yang kedepannya anda gunakan.

4. Carilah judul yang kedepannya akan berguna bagi Orang Banyak 

Poin ini menekankan agar anda mencari judul yang berguna bagi orang banyak. Karena pendapatan berbanding lurus dengan nilai. Jika apa yang anda buat di butuhkan banyak orang maka hal ini bisa jadi landang uang untuk anda.

5.Usahakan anda membuat apa yang sudah orang lain buat

Poin ini mungkin banyak dari pembaca yang menentang akan tetapi saya memiliki alasan tersendiri. Sebenarnya tidak salah jika anda membuat apa yang belum orang lain buat atau anda menargetkan membuat sesuatu yang inovatif untuk skripsi. Akan tetapi anda harus ingat bahwa skripsi memiliki jangka waktu dan saya yakin anda pasti akan di todong oleh orang terdekat anda terutama orang tua dengan pertanyaan "kapan lulus?" selain itu membuat sesuatu yang baru membutuhkan banyak data dan banyak biaya. Jadi sebaiknya anda mencari judul dari mengubah apa yang sudah di buat daripada anda membuat sesuatu yang belum ada.

Tips-tips di atas saya dapat melalui pengalaman. Jika ada yang kurang anda bisa menambahkannya di comment.

Comments

Popular posts from this blog

10 CMS untuk Forum

11 Website yang Membayar Anda untuk Meng-upload File

10 Soal Ujian dari Perusahaan untuk Web Programmer