20 Javascript Framework Untuk Games

Apa anda pembuat game atau orang yang memiliki mimpi untuk membuat game. Jika anda programmer flash  atau javascript programmer framework ini akan mudah anda mengerti.

Berikut ini beberapa javascript framework yang di gunakan untuk game:

1. Construct 2


construct 2
Construct2 software pembuat game untuk windows.Construct2 Tergolong sangat simple karena tidak membutuhkan koding untuk membuatnya. Jika anda tidak begitu mengerti bahasa pemerograman maka software ini sangat cocok untuk anda.

2. Impactjs


impactjs
Impact adalah javascript framework yang memungkinkan anda membuat game yang bagus. Impact js dapat di gunakan di platform mana saja dan memiliki fitur debug yang baik.

3. Easejs

easejs
Easejs adalah bagian dari create js. Createjs adalah library yang berguna untuk membuat Web yang interaktif. Library ini didesain untuk bekerja secara independent. Di dalam Createjs selain easejs ada beberapa javascript lain seperti tweenjs, soundjs, preloadjs tidak ada salahnya jika anda mencoba menggunakan library tersebut sesuai kebutuhan.

4. Phasejs

phasejs
Phasejs adalah HTML5 game framework yang mensupport baik typeScript dan Javascript.

5. Pixijs

pixijs
Pixijs adalah game web yang memiliki fitur WebGL. Pixijs dapat di install melalui grunt dengan kata lain anda harus menginstall nodejs. Jika anda ingin tau tentang Pixijs anda dapat langsung ke github.

6. GameMaker

yoyogames
GameMaker: Dapat di gunakan baik oleh pemula maupun proffesional. GameMaker dapat menghasilkan game cross-platform dengan biaya yang murah.

kelebihan dari gemeMaker anda dapat membuat game untuk semua platform termasuk Playstation 4 hanya dengan membayar $799,99 atau dengan kata lain mendekati Rp. 8.000.000,00 sehubungan dengan $1 =Rp.12.000,00 atau dengan membayar $99,99 persatu platform mendekati  Rp.100.000,00. mahal tidaknya tergantung kebutuhan dan nilai tukar dolar.

Tutorial gameStudio bisa anda temukan di youtube. ini salah satu framework yang recomended.

7. Threejs

threejs
Threejs adalah javascript yang mensupport 3D menggunakan WebGL. Banyak Game 3D yang dibuat di browser menggunakan threejs. Game ini dapat anda install menggunakan nodejs. Three js sudah menghasilkan beberapa game salah satunya balapan pesawat dengan view 3D.

Jika anda ingin bergerak di bidang game, threejs adalah salah satu javascript yang anda harus perhitungkan di masa mendatang.

8. PlayCanvas

playCanvas
Siapa yang tidak tahu canvas. Fitur HTML5 ini memungkinkan anda membuat kotak gambar yang bisa anda gunakan untuk animasi, mengambar dan lain-lain.  Bayangkan jika anda membuat game tanpa framework anda akan mengalami beberapa kesulitan. PlayCanvas sangat membantu anda mendevelop game.

PlayCanvas adalah  WebGL Game Engine. PlayCanvas gratis serta open source dan itu didukung oleh alat pengembang menakjubkan.

9. Turbulenz

Turbulenz
Turbulenz adalah open source engine yang di kembangkan di bawah MIT. Anda dapat mengubah, mempublish, dan mengadvertise game yang anda buat dengan turbulenz.

10. cocos2d-x


cocos2d
Cocos2d-html5 adalah 2D game engine  cross-platform yang ditulis dalam bahasa javascript. Cocos-2D berada di bawah lisensi MIT. Sekarang Cocos-2d sekarang sudah dapat men-support canvas dan WebGL.

11. melonjs


melonJS adalah open source engine HTML5 permainan berbasis komuniti dan dirilis di bawah lisensi MIT, Anda dapat mengunakan melonjs sesuai dengan kebutuhan anda.

12. Quitus

quitus
Quintus mendukung, pendekatan Object-Oriented dan berbasis komponen hybrid berbasis event, memungkinkan untuk kedua model warisan standar dengan dukungan untuk komponen reusable.


13. WADE

wade

Wade adalah salah satu framework HTML5 yang tersedia. Dengan arsitektur yang di sediakan wade dapat membantu anda mengembangkan jenis peermainan yang anda butuhkan.

Game dan Applikasi yang di buat dari WADE dapat anda jual tanpa membayar uang ke pihak ke-tiga.

14. Crafty

crafty
Ketika anda inign membuat game berbasis HTML5 anda pasti membutuhkan struktur yang konsisten. Crafty sangat membantu developer dalam membangun games karena menyediakan kebutuhan umum seperti skema kontrol dasar. Selain itu crafty memiliki komunitas yang siap membantu anda jika anda mendapat masalah ketika mengembangkannya.


15. LimeJs

limejs

LimeJs adalah HTML5 game framework untuk membuat games untuk semua layar touchscreen dan dekstop browser. Game yang di buat menggunakan limeJs tidaklah sedikit anda bisa melihat hasil karya menggunakan LimeJs di http://www.smartgameslive.com

16. enchantjs

enchantjs
encantjs adalah framewok yang sederhana untuk membuat games berbasis HTML5 dan javascript. enchantjs di release tahun 2011 dan sudah memiliki lebih dari 1000 aplikasi, enchantjs di bawah lisensi MIT.

17. Isogenic Engine

Isogenic Game Engine
 Isogenic Game Engine adalah multiplayer game engine yang sangat canggih. Engine ini sudah menghasilkan beberapa game seperti:
CasinoRPG, Realtime Multiplayer Isometric World
iBacteria Web & iPhone Game

18. GC DevKit

DevKit
Sangat sedikit sekali informasi tentang DevKit akan tetapi untuk tutorial dan info yang berguna lainnya. DevKit bergantung pada konstributor seperti kita untuk memfix bug dan lain-lain. Jika anda tertarik anda bisa mencobanya.

19. Voxeljs

voxeljs
Apa anda mengetahui voxelj? Voxel js adalah kumpulan javascript yang membuat game seperti minicraft.

20. Mibbu Framework


mibbu javascript
Mibu adalah game engine yang dibuat oleh Michal Budzynski. Engine ini menggunakan fiture canvas dan DOM. Karena Penjelasan tentang engine ini menggunakan bahasa portugis maka sedikit sekali info yang di dapat tentang game framework.


Note: Jika ada yang ingin menulis ulang di blog, forum,social media dll sebaiknya di cantumkan sumbernya yaitu https://muhammadyasin89.blogspot.com/

Comments

Popular posts from this blog

10 CMS untuk Forum

11 Website yang Membayar Anda untuk Meng-upload File

10 Soal Ujian dari Perusahaan untuk Web Programmer