Kuliah IT Berguna atau Tidak?

Disini kita membahas permasalahan Kuliah IT itu berguna atau tidak, sebagian dari anda pasti pernah membaca artikel di yang ada di techno k*mp*s atau d*t*k. Yuk kita bicarakan secara mendetail.

1. Tujuan Anda Kuliah


Sebenarnya jika anda kuliah bertujuan untuk mencari pekerjaan yang menghasilkan banyak uang maka anda salah pilih jurusan IT seharusnya anda masuk management Ekonomi. Perlu anda ketahui bahwa pendidikan tersebut dibagi beberapa menjadi pendidikan formal dan non-formal. Akan tetapi banyak yang melupakan pendidikan Financial.

Pertanyaannya kenapa pendidikan financial penting? Pendidikan financial penting karena pada dunia nyata anda bisa melihat kenapa manager yang penghasilannya 40 juta perbulan masih kekurangan uang dan tidak ada investasi akan tetapi yang penghasilan 10-20 juta bisa punya investasi di masa depan. hal ini berhubungan dengan Pendidikan financial yang akan kita bahas di akhir artikel ini.

Intinya jika anda merasa tidak nyaman di Jurusan IT atau anda merasa tercemplung ke IT sebaiknya anda pindha jurusan. Ini berarti jurusan IT tidak cocok buat anda. Selesai kuliah tidak membuat anda Kaya, jika anda ingin kaya buat usaha. Kuliah membuat anda pintar.

2. Jika Orang awam bisa membuat Software,Kuliah IT buat apa?

Di poin ke dua ini kita akan membahas kenapa kok orang awam bisa bikin software lalu gunanya kita kuliah di IT apa. Anda kuliah di IT bukan untuk menjadi kuli pembuat program akan tetapi jadi project manager atau jadi technopreneur. Untuk bisa membuat program anda tidak harus mengambil jurusan IT jurusan elektro dan teknik lain juga bisa tanpa anda kuliahpun anda bisa jadi programmer. Lalu apa gunanya kuliah IT , seperti yang saya sebutkan diatas gunanya adalah agar anda bisa jadi system analyst karena di kulah anda belajar 70% teori 30% praktek. Jadi anda dirancang agar anda dapat membuat solusi dari permasalahan dengan IT dimasyarakat.

3. Kenapa Pengusaha IT kebanyakan DO

Point ke tiga seperti yang saya bahas diatas, untuk menjadi pengusaha IT yang sukses seperti Steve Jobs, Bill Gates, Mark Zuckerberg. Anda tidak harus kuliah IT disini saya akan membahas kenapa mereka DO, alasan mereka DO adalah karena mereka lebih memilih usaha mereka daripada kuliah, akan tetapi harus di garis bawahi mereka adalah orang-orang yang cerdas. Mereka juga kuliah di Jurusan IT dan disana mereka mendapatkan IDE jadi tidak sukses begitu saja, mereka juga ada patner yang mereka temukan di kuliah serta support dana sebelum perusahaan mereka menjadi besar. Jadi jika anda berleha-leha dan menggunakan mereka sebagai alasan anda untuk malas-malasan kuliah maka anda salah besar.

Cukup Sekian semoga Hal diatas dapat berguna bagi anda.

Bonus: Pendidikan Financial
Pendidikan Financial berhubungan dengan bagaimana kita memanage uang yang kita dapat seperti 10% dari gaji disimpan untuk tabungan 10% untuk biaya investasi(Jika ada investasi yang bagus) sisanya baru anda alokasikan untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk melihat hubungan financial di IT lihat disini

Note: Jika ada yang ingin menulis ulang di blog, forum,social media dll sebaiknya di cantumkan sumbernya yaitu https://muhammadyasin89.blogspot.com/

Comments

Popular posts from this blog

10 CMS untuk Forum

11 Website yang Membayar Anda untuk Meng-upload File

10 Soal Ujian dari Perusahaan untuk Web Programmer