Jumlah Pesaing Anda Pada saat Anda Lulus

Buat Anda yang belum lulus atau yang akan lulus apakah anda mengetahui berapa saingan anda? Apa anda sudah merasa percaya diri ketika anda sudah lulus anda akan langsung diterima kerja?Sebelum anda menghadapi medan perang di dunia pekerjaan ada baiknya anda memprediksi terlebih dahulu. Yuk kita hitung-hitungan dari pertanyaan di bawah ini:

1. Berapa banyak Universitas di Indonesia

Ini merupakan pertanyaan crusial. Pertanyaan ini untuk mengetahui secara garis besar berapa banyak saingan anda. Pertama anda hitung 10 top University seperti ITB, UGM, UNPAD , dan lain-lain, lalu anda hitung jika setiap tahun universitas diatas menerima 1000-2500 orang untuk satu jurusan, seperti di BINUS menerima sekitar 5000 mahasisiwa baru. Maka anda bisa kalikan dengan 10 maka saingan anda 2500. Tapi itu belum ditambah dengan universitas yang lain dan beberapa mahasiswa lulusan tahun sebelumnya yang mencari pekerjaan.

2. Apa Kelebihan Anda di banding Pesaing Anda

Hal ini sangat penting anda harus bertanya kepada diri anda sendiri, apa kelebihan saya di banding orang lain? jika anda pernah memenangkan lomba matematika tingkat daerah, nasional, atau internasional itu nilai tambah, tapi jangan sampai anda besar hati karena itu berbahaya buat anda.

Jika anda merasa belum mempunyai prestasi sebaiknya anda mulai merintis, prestasi tidak selalu berbentuk piala anda pernah kerja di perusahaan besar seperti sampurna itu juga termasuk kedalam prestasi, jangan terlalu mengandalkan orang tua karena ada saat anda menggantungkan diri hanya kepada diri anda dan bukan orang lain, namun memiliki relasi itu penting karena di indonesia prestasi bisa di kalahkan dengan relasi.

3. Apa Ciri Khas Anda

Anda harus memiliki ciri khas seperi brand, contoh anda membuat kartun diri anda sendiri dan dipost di youtube, ini sangat penting karena kreatifitas seperti ini membedakan anda dari orang lain. Anda membuat website atau sesuatu yang lain itu sangat penting. Mungkin kecil bagi anda tapi impactnya akan besar dimasa mendatang.

Note: Jika ada yang ingin menulis ulang di blog, forum,social media dll sebaiknya di cantumkan sumbernya yaitu https://muhammadyasin89.blogspot.com/

Comments

Popular posts from this blog

10 CMS untuk Forum

11 Website yang Membayar Anda untuk Meng-upload File

10 Soal Ujian dari Perusahaan untuk Web Programmer