10 Bahan Pertimbangkan Sebelum Menerima Pekerjaan

Jika kalian ingin berkerja di suatu perusahaan sebelum anda menandatangani kontrak kerja anda ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan:

1. Reputasi Perusahaan

Reputasi perusahaan sangatlah penting. Jika Anda diterima di perusahaan besar itu artinya pekerjaan anda juga akan besar. tetapi jika anda diterima diperusahaan yang reputasinya buruk maka pekerjaan andapun akan tidak jelas. Anda harus teliti sebelum menandatangani kontrak cari tahu terlebih dahulu tentang perusahaan anda baik dan buruknya lewat internet akan tetapi jika anda mengenal orang yang bekerja pada perusahaan tersebut akan lebih baik.

2. Lingkungan Kerja

Linkungan kerja sangatlah penting jika anda ingin bekerja untuk jangka waktu yang lama. Karena lingkungan kerja seperti pabrik akan cepat menaikkan beban otak anda sehingga anda bisa stress, pengalaman saya ada juga perusahaan yang terbuka seperti rumah jadi banyak dari teman-teman yang bekerja di sana datang untuk mampir. Hal ini dapat menganggu konsentrasi anda khususnya jika anda bekerja jadi programmer.

Untuk yang tidak merokok di perhatikan juga apakah perusahaan tersebut membolehkan pekerjannya untuk merokok bebas atau tidak. Jika iya maka ini malapetaka bagi anda. Lihat juga jika anda perokok dan tidak boleh merokok di tempat kerja apakah perusahaan menyediakan ruangan merokok tersendiri.

3.Jarak yang Ditempuh

Jarak yang ditempuh sangatlah penting. Jika jarak antara tempat tinggal anda terlalu jauh maka anda akan banyak menghabiskan waktu dijalan dan tingkat stress anda tinggi dan juga sebaliknya. Jika anda tidak bisa pulang kantor jam 7 karena macet atau anda akan masuk ke kantor jam 9 dikarenakan macet hal-hal kecil seperti ini harus anda perhitungkan.

4.Rekan Kerja Anda

Rekan kerja anda bisa menjadi salah satu faktor anda betah ada di suatu perusahaan atau tidak. Jika rekan kerja anda tidak friendly, penjilat, dan backstabber anda pasti tidak akan betah. Jika anda masuk ke sebuah perusahaan maka anda tidak akan merasa berbeda jika anda masuk ke dunia politik. Karena disini hukum rimba berlaku dan seleksi alam pun berlaku. Posisikan diri anda ada di good side jadi anda tidak perlu menusuk rekan kerja anda dari belakang yang perlu anda lakukan adalah anda menjaga diri anda.

5.Kontrak dan Peraturan Kerja

Kontrak kerja dan peraturan sangatlah penting. Ada baiknya anda membaca secara rinci tentang peraturan perusahaan anda. Karena ada beberapa perusahaan yang menulis tidak dapat pesangon jika anda di-PHK ,membayar gaji telat dan anda harus patungan jika perusahaan bangkrut. Hal-hal seperti ini bisa terjadi sebaiknya anda membaca secara teliti, termasuk jika pemotongan 20% gaji jika anda masih ada dimasa probation atau percobaan, jika tidak tertulis maka anda bisa menuntut hak anda.

Bagaimana jika perusahaan merekrut saya tampa tanda tangan dan tanpa pemberitahuan kontrak kerja?
Jika hal diatas terjadi harus anda sadari bahwa anda adalah OUTSOURCE-ing. Jadi perusahaan punya hak untuk memeras tenaga anda dan tidak membayar anda sesuai dengan yang dijanjikan karena tidak ada hitam diatas putih. Jadi status anda pekerja SOSIAL.

6. Mengenal Atasan Anda

Ada baiknya anda mengenal atasan anda karena ini salah satu faktor yang penting. Banyak orang yang mengeluh tentang atasannya terutama mereka yang bekerja di BUMN dan di Bank. Ada baiknya anda mengenal atasan anda, jika anda sudah mengenal atasan anda baru anda menentukan anda ingin membagi cerita pribadi atau tidak. Karena banyak atasan yang menggunakan pekerjaan anda sebagai hasil kerja keras anda untuk ke mencari muka ke atasan. saran saya "BEWARE".

7. Keuntungan atau Fasilitas yang disediakan Kantor

Keuntungan yang disediakan kantor bisa jadi bahan pertimbangan seperti asuransi kesehatan, voucher taxi, dan kendaraan kantor. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan karena fasilitas kantor suatu hari anda akan membutuhkannya.

8. Sistem pada Kantor Anda

 Sistem pada kantor sangat penting untuk membaca seberat apakah beban pekerjaan anda. Sebagai contoh ketika anda bekerja di perusahaan yang berkembang maka anda akan merangkap beberapa pekerjaan tapi anda cepat naik pangkat, sedangkan jika anda bekerja diperusahaan besar pekerjaan anda jelas tetapi anda akan lama naik pangkatnya.

9. Gaji yang ditawarkan Perusahaan

Gaji yang ditawarkan sangatlah penting karena anda memiliki kebutuhan setiap bulan yang harus dipenuhi jika gaji anda dibawah UMR atau diatas UMR sedikit maka tidak akan cukup. Hal yang perlu diperhitungkan adalah kenapa perusahaan harus membayar anda dengan gaji yang anda tawarkan dan apa keuntungan perusahaan jika menerima anda.

Note: Perusahaan tidak akan peduli dengan kebutuhan anda kecuali anda menunjukkan ke perusahaan jika anda memang dibutuhkan perusahaan tersebut.

10. Potensi Anda pada Pekerjaan Anda

Potensi pekerjaan anda dimasa depan sangatlah penting. Sebagai contoh jika anda merasa tidak cocok dengan pekerjaan anda maka anda tidak akan berkembang disitu karena anda tidak menikmati pekerjaan anda. Jika anda menyukai pekerjaan anda hal yang perlu diperhatikan adalah saingan anda. Karena posisi seperti CEO, Manager, Supervisor hanya satu orang jadi anda harus mengalahkan saingan anda kecuali anda ingin posisi anda sekarang selamanya.

Mau Belajar Algoritma Yuk mulai dari sini



Note: Jika ada yang ingin menulis ulang di blog, forum,social media dll sebaiknya di cantumkan sumbernya yaitu https://muhammadyasin89.blogspot.com/

Comments

Popular posts from this blog

10 CMS untuk Forum

11 Website yang Membayar Anda untuk Meng-upload File

10 Soal Ujian dari Perusahaan untuk Web Programmer