8 Golden Rules

Desain sangat penting bagi kehidupan kita walaupun anda bukan seorang designer namun tidak dapat di pungkiri bahwa suatu saat anda butuh mendesain sesuatu. Berikut ini adalah dasar-dasar dari desain atau biasa disebut 8 golden rule berikut pemaparannya.

1.Konsistensi

Konsistensi sangat penting jika anda seorang designer. Bayangkan jika anda adalah website designer dan pada halaman pertama navigasi anda di atas dihalaman berikutnya navigasinya di bawah atau jadi horizontal maka visitor anda pasti langsung menutup website anda.

konsistensi sangat penting agar visitor tidak bingung ketika ada di website anda. Konsistensi mencakup warna desain font dan lain-lain. Warna yang berbeda di setiap halaman juga akan memberatkan visitor karena mata butuh beradaptasi jika warnanya sama maka mata tidak perlu beradaptasi lagi.

2.Shortcut yang berguna Secara Universal

Usahakan menggunakan shortcut yang universal dan mudah dimengerti oleh pengguna. Jangan menggunakan icon atau istilah yang khusus jika website anda ditujukan untuk semua orang. contoh penggunaan icon google+ untuk anak sd tidak akan cocok.

3.Umpan Balik yang Informatif

Yang dimaksud dengan umpan balik yang informatif adalah jika website anda memiliki fitur-fitur khusus seperti dikaskus,indowebster dan forum besar lainnya ada baiknya anda memberikan halaman 'help' atau icon (?) untuk membatu pengguna mengerti cara memakai fitur yang ada di website anda.

4.Merancang dialog untuk menghasilkan suatu penutupan

Maksud dari rules ini adalah kita memberikan tahapan-tahapan agar user tidak bingung. sebagai contoh ketika anda ingin mendaftar disuatu website seperti twitter,facebook,google+ dan lain-lain. Mereka menyediakan pembagian form-form yang harus diisi dan proses atau tahapan selanjutnya jika anda sudah mengisi semua form. Jadi pengguna anda tidak bingung.

5.Memberikan penanganan kesalahan sederhana(error)

Kita harus bisa membuat solusi jika pengguna kita melakukan kesalahan seperti kalau dia menulis index di url secara langsung seperti "http://mywebsite/post/apa-aja" jika halaman itu tidak ada maka akan ditampilkan pesan "404-Maaf halaman yang anda cari tidak ada". Jangan membiarkan pengguna ke halaman kosong jadi mereka bingung harus bagaimana, jika anda memberikan halaman blank atau kosong maka pengguna anda akan bingung karena tidak mengetahui secara jelas apakah error atau tidak.

6.Tombol back

Untuk yang satu ini sangat penting bagi kita karena jika terjadi sesuatu seperti tidak sengaja terpencet oleh pengguna atau user maka pengguna bisa menekan tombol balik agar bisa kembali lagi ke tindakan sebelumnya.

7.Mendukung tempat pengendali internal

Yang dimaksud dengan rules ini adalah kita menyediakan navigasi yang friendly bagi user atau pengguna kita. Jangan biarkan website anda menaruh terlalu banyak button atau yang lain-lain yang membuat jadi telalu heboh gambar dengan navigasi yang dilengkapi dengan animasi dan suara yang menggelegar atau tidak ada navigasi sama sekali.

8.Mengurangi beban ingatan jangka pendek

Usahakan website kita tampak sederhana tata letak yang rapih sehingga pengguna tidak bingung ketika pengguna memasuki halaman kita. Jangan memakai warna yang kontras atau berat sehingga pengguna butuh waktu untuk beradaptasi atau warna font yang hampir sama dengan background atau warna font yang bertabrakan seperti background biru font berwara merah. Hindari memberikan animasi yang heboh ketika pengguna pada saat masuk. Gunakanlah desain yang sederhana jadi pengguna tidak pusing ketika mereka memasuki website anda.


Note: Jika ada yang ingin menulis ulang di blog, forum,social media dll sebaiknya di cantumkan sumbernya yaitu https://muhammadyasin89.blogspot.com/

Comments

Popular posts from this blog

10 CMS untuk Forum

11 Website yang Membayar Anda untuk Meng-upload File

10 Soal Ujian dari Perusahaan untuk Web Programmer