18 Tracking Web Selain Google Analytics

Buat anda baik yang berkaitan dengan web, ataupun blog. Baik yang bekerja atau sekedar Hobi anda pasti menggunakan google analytics sebagai tracker anda, akan tetapi google analytics bukan satu-satunya web analytics yang ada. Berikut beberapa web analytics lain sebagian memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh google analytics.

1.atinternet

atinternet
Atinternet menyediakan fitur untuk web analytics yang mencakup e-Commerce Tracking, Multichannel campaign analysis,Rich media tracking, pemantauan kinerja, management data dan lain-lain. Dengan menggunakan atinternet anda bisa memilih data mana yang anda ingin perlihatkan di dashboard anda hanya dengan drag and drop. anda bisa melihat dashboard yang anda buat baik di web maupun di mobile. Atinternet juga bisa memonitoring data pembelian dan penjualan.


2.optimizely

optimizely
Optimizely adalah web untuk analytics yang fokus ada costumer experience. web analytics ini sangat mudah untuk di implementasi, Dari web mereka sangat sedikit informasi yang diberikan. Multichannel optimalisasi baik di web maupun di mobile, bisa mengenerate real-time ROI. Optimizely juga memiliki world class patner, dan juga cepat, scalable, dan aman. Terdapat dua opsi untuk menggunakan Optimizely yang pertama gratis untuk trial yang ke dua edisi enterprise anda langsung menghubungi pihak Optimizely dengan nomor yang di sediakan.


3.qualaroo

qualaroo
Qualaroo adalah website analytics yang mengfokuskan kepada survey pengguna. Jenis survey dapat dibuat anda sesuai dengan data yang anda butuhkan. Anda dapat mengatur pertanyaan sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda ingin mencoba web analytics ini anda bisa menggunakannya untuk 14 hari.


4.4q

4q
4Q adalah framework adalah framework terbaik untuk mengevalusai experience online, mengukur kepuasan pelanggan, dan implment perbaikan yang di sesuaikan dengan feedback pengunjung. 4Q survey menjadi salah satu framework yang menggunakan iPerceptions dan gratis.


5.clicktale

clicktale
Click tale memliki fitur yang berbeda dengan analytics yang lain. clicktale memiliki session playback yaitu fitur untuk melihat kegiatan individual melalui pergerakan mouse, Heatmap Analytics adalah fitur untuk menapilkan kemana saja mouse user bergerak dan bagian mana yang sering di lihat oleh costumer,


6.twitalyzer

twitalyzer
Twitalyzer adalah web analytics yang di fokuskan kepada twitter. Dengan menggunakan twitalyzer anda bisa mendapatkan laporan yang lengkap untuk deep-dive analysis, dan anda mendapatkan data seracara real-time. Anda juga dapat mengexport data kemanapun yang anda inginkan.Twitalyzer juga dapat di gunakan di mobile. Jika anda adalah seorang Buzzer atau twitter celeb applikasi ini sangatlah berguna untuk anda.


7.iwebtrack

iwebtack
iWebtrack adalah webanalytics yang menawarkan untuk melihat web status secara real time, laporan web advertising campaigns, dan informasi penggunjung. Keunggulan dari iWebtrack adalah iWebtrack bisa mengetahui visitor yang masuk melalui iklan berbayar seperti Print, Radio, Iklan televisi dan visitor yang membookmark website anda atau mereka yang mencarinya menggunakan web engine.


8. complete

complete
Compete adalah website analytics yang telah membatu para pembisnis lebih dari 10 tahun. compete dapat mendrive content anda dan mendapatkan pengunjung dengan behavior yang tepat. compete juga dapat memberikan anda insight yang benar dan melihat sangina serupa dan memberikan anda peluang untuk mendapatkan pelanggan baru. Compete dapat di buka di mobile dan dapat mendrive para pelanggan ke halaman yang dituju sesuai dengan behavior mereka.


9.piwik

piwik
Piwik adalah Open Analytics Platform. Piwik memiliki fitur yang dapat mengetahui behavior pengguna, mana page yang populer, seberapa sering mereka visit, dan campaign mana yang sukses. baik anda memiliki blogger individual, perusahaan besar,  piwik membantu anda mendapatkan wawasan yang anda perlukan.


10. Kissmetrics

kissmetrics
KISSmetrics adalah analytics platform yang di temukan oleh Neil Patel dan Hiten Shah. Pada 2013 dana modal ventura naik menjadi 7 juta dolar. KISSmetrics mengunakan SourceNinja, untuk membantu perusahaan mengelola kelemahan keamanan di perpustakaan open source mereka.


11. Clicky

clicky
Clicky digunakan oleh lebih dari 816.525 website. Clicky memiliki fitur untuk mengambil data secara real. Selain itu click melihat segala pengguna dan segala aktivitas yang mereka lakukan di website kita. Clicky juga memiliki fungsi heatmaps yaitu fungsi untuk melihat data berdasarkan mouse user untuk melihat konten mana yang paling di sukai oleh user. Fungsi yang terakhir clicky memiliki on-site analytics untuk melihat berapa total visitor dan melihat heatmaps.


12. woopra

woopra
woopra adalah real-time costumer analytics yang di gunakan baik oleh sales dan tem marketing. Platform di desain untuk menyediakan siklus hidup costumer secara live, data prilaku untuk individual pengunjung website.


13.open web analytics

open web analytics
Open Web Analytics(OWA) adalah open source web analytics software yang digunakan untuk track dan analitic pengunjung yang bisa di aplikasi website dan aplikasi. OWA berlisensi dibawah GPL dan menyediakan pemilik website dan mudah di aplikasikan oleh para developer dalam bentuk javascript, PHP, atau API berbasis REST.


14. Foxmetrics

foxmetrics
Foxmetrics adalah website analytics yang terfokus kepada pelanggan. foxmetrics bisa mentrack pengunjung anda secara real-time dan mengupdate data instant, selain itu foxmetrics memiliki analytics anda dapat melihat page view, costumer event, unique visits, visitors, files, bounce rates, exit rates dan data penting yang lain, foxmetrics juga dapat di buka di multi-Device dan dapat mentrack dari mana saja website anda di buka.


15. goingup

goingup

Going up adalah website analtics dan SEO tools. Dengan menggunakan going up anda bisa dengan mudah mentrack pengunjung, memonitor penjualan, tingkat konversi, dan dapat meningkatkan strategies pencarian Anda.


16. gosquared

goSquared

gosquered memiliki fitur menyediakan monitor dan laporan di satu platform, selain itu gosquered dapat di lihat baik di website maupun di mobile. gosquered sangat mudah untuk di gunakan dan memiliki interface yang baik. gosquered memiliki data yang akurat.


17.Moz Analytics

moz
Moz Analytics di bagi menjadi tiga Moz.com, Moz Pro,dan Moz Local. Untuk sekarang saya akan membahas hanya Moz Local dan Moz Pro. Moz Local anda bisa meletakkan lokasi anda dan memasukkan data toko anda dan menampilkan data supaya para calon konsumen dapat menemukan anda. Akan tetapi anda harus membayar 84 dollar per satu lokasi.

18. Crazyegg

crazyEgg
Crazzyeggs adalah web analytics yang memiliki banyak fitur baru yang bagus. Crazzyeggs memiliki fitur heatmaps anda bisa melihat berapa banyak orang yang mengklik bagian website anda, fitur scrollmap memungkinkan anda melihat seberapa jauh user anda menscroll website anda, fitur overlay anda dapat melihat banyaknya klik di elemen yang berbeda, fitur cofetti anda bisa melihat klik yang anda dapat dari referal sources, dari search dan lain-lain.

Note: Jika anda membuat website standar maka gunakanlah google analytics jika anda membuat e-commerce atau website yang memiliki traffic yang besar ada baiknya anda menggunakan website analytics di atas.

Reference:

Note: Jika ada yang ingin menulis ulang di blog, forum,social media dll sebaiknya di cantumkan sumbernya yaitu https://muhammadyasin89.blogspot.com/

Comments

Popular posts from this blog

10 CMS untuk Forum

11 Website yang Membayar Anda untuk Meng-upload File

10 Soal Ujian dari Perusahaan untuk Web Programmer