5 Kendala Freelancer

Bagi anda yang berpikir anda bahwa kehidupan freelancer sangat menyenangkan tanpa boss,bekerja fleksible, dan bekerja sesuai dengan passion. Namun kehidupan freelancer tidaklah seindah yang kita kira ada beberapa kendala yang sering mereka alami. Ini beberapa di antaranya:

1. Menghilangkan Distraksi

Bekerja di lingkungan rumah memiliki Distraksi tersendiri seperti ingin menonton televisi. ingin makan cemilan atau mengecheck facebook status. Memiliki ruang kerja yang kondusif di rumah sangatlah penting untuk menghilangkan transaksi tersebut. Menghindari membuka youtube, atau mengecheck status facebook teman sangatlah susah di hindari jadi anda harus memiliki trik jitu sendiri karena solusi setiap orang berbeda.


2. Penghasilan Tidak Pasti

Sebagai freelancer anda biasanya di bayar sesuai dengan proyek yang anda kerjakan. Kapan anda menerima uang dan berapa banyak pekerjaan yang anda pegang dalam satu bulan tergantung pada diri anda sendiri. Namun hal ini menjadi masalah ketika anda sedang tidak memiliki project dan kebanyakan dari freelancer mengabaikan simpanan untuk dana darurat sehingga ketika ada masalah seperti sakit maka penyelesaiannya akan sulit.


3. Takut Kehilangan Client

Hal yang satu ini sebagai kendala umum yang di hadapi freelancer. Tidak peduli seberapa professional anda jika terjadi satu kesalahan kadang bisa membuat kepercayaan client kita hilang. Ketakutan ini memang menghantui setiap freelancer.

Selain itu client yang menolak membayar bisa menjadi trauma tersendiri. Ketika pekerjaan freelancer sudah selesai client menolak membayar sudah menjadi hal umum. oleh sebab itu anda membutuhkan pembayaran pada awal project jangan sampai anda bekerja gratis anda bukanlah pekerja sosial. Hindari kesalahan freelancer.


4. Banyak Saingan

Di bidang manapun pasti kita memiliki pesaing. Hal serupa juga terjadi di bidang freelancer apapun itu pasti ada persaingan antar freelancer. Karena freelancer memiliki pendapatan yang tinggi persaingan pun semakin ketat. Jika anda ingin menang untuk mendapatkan project besar anda harus memiliki reputasi yang baik maka pilihlah bidang anda secara bijaksana dan  coba menganalisa kelebihan anda di banding para pesaing anda. Lalu tawarkan ke client sesuai dengan kemampuan anda, anda bisa mengarang dengan catatan anda harus bisa membuktikannya kepada client anda.


5. Sulit menentukan Harga

Untuk masalah harga para freelancer memiliki dilema tersendiri. Perlu kita akui bahwa client mencari freelancer dengan alasan murah, fleksible, dan cepat. Jika kita lihat dari sudut pandang client jika dia harus berhubungan dengan suatu perusahan untuk membuat project prosesnya akan berbelit-belit dan memakan waktu yang sama sehingga para client mencari freelancer.

Namun, dengan melihat sudut pandang client banyak freelancer yang susah untuk menentukan harga dengan banyak pertimbangan seperti sedang butuh uang, atau takut tidak ada project dll. Banyak juga diantara mereka yang menaruh tarif di bawah rata-rata. Untuk menentukan harga memang sulit sebagai freelancer jadi anda harus memiliki skill negosiasi juga. Karena sebaik apapun anda bekerja jika anda harus dibayar di bawah rata-rata keahlian anda akan terasa percuma.


Reference:


Comments

Popular posts from this blog

10 CMS untuk Forum

11 Website yang Membayar Anda untuk Meng-upload File

10 Soal Ujian dari Perusahaan untuk Web Programmer