12 Screencasting Software untuk Membuat Video Tutorials

Buat anda yang memiliki blog atau website pribadi terutama yang memakai adsense. Terkadang video dari youtube atau dari website sendiri bisa jadi pemanis untuk menambahkan penggunjung ke halaman website kita. Akan tetapi jika anda menggunakan adsense akan menjadi masalah jika anda mengambil video orang lain tanpa izin atau sepengetahuan dari pemilik video tersebut.

Beriku ini beberapa software dari yang gratis hingga berbayar untuk membuat video baik itu tutorial, game, dan lain. Pilihlah software yang menurut anda cocok untuk anda.

1. AviScreen

aviscreen
Aviscreen adalah software free yang dapat merecord video dalam bentuk avi, akan tetapi program ini tidak bisa merecord audio. Software ini hanya bisa di gunakan di windows


2. Camstudio.org

camstudio
Camstudio adalah software recorder yang dapat merecord baik video maupun audio dalam bentuk avi. Software ini gratis akan tetapi jika anda memiliki uang lebih anda bisa mendonate dengan men-click tombol yang tersedia.


3. Copernicus

copernicus

Copernicus adalah software recoredr free untuk mac. Software ini berfokus pada pembuatan film pendek, dan software ini mudah di akses karena software ini merekam video ke dalam ram.

4. JingProject.com

jing project

Jing adalah software serbaguna yang gratis. Saya pribadi menggunakan jing, untuk mencapture bagian tertentu layar, selain itu jing juga dapat di gunakan untuk merecord video dari screen. Anda bisa mencoba menggunakan Jing penggunaannya tergolong mudah setelah anda instal akan ada icon matahri yang bisa anda letakkan di sudut2 scrren.

5. Screencast-O-Matic.com

screenOmatic

Screencast O Matic adalah screencast berbasis java anda tidak perlu mendownload untuk menggunakannya dan tersedia fasilitah host, web ini secara otomatis menupload hasil video anda ke host. Website ini bisa di gunakan baik di windows maupun di mac, namun memiliki beberapa masalah di linux.

6. Wink

wink

Wink adalah software yang fokus untuk pembuatan tutorial dan dilengkapi dengan audio dan text  caption. Keungulan dari wink adalah output hasil recording anda bisa berbentuk flash, PDF, HTML, EXE file dan banyak lagi.

7.Adobe Captivate

adobe captive
Adobe captive, salah satu product adobe. Untuk menggunakannya anda harus menyisihkan $700 minimal


8.AllCapture 

allcapture
Allcapture adalh software realtime, anda juga bisa menambahkan audio selama sedang merekam atau setelah selesai. Software ini bekerja untuk windows. Output yang di hasilkan bisa berupa Flash, EXE, ASF, DVD, SVCD and VCD.

9. HyperCam

hypercam
Hypercam adalah software screen recording dilengkapi audio. Untuk full version anda harus membayar $39.95.

10. iShowU

Add caption
iShowU adalah software untuk recording dan secara automatic terintegrasi ke quicktime dan hingga 1080p di kedua NTSC dan format PAL. Software ini hanya bisa digunakan di mac.

11. ScreenMimic

Sceen Mimic
ScreenMimic adalah software yang bisa membuat transisi, dubbing audio, output bisa ke HTML, Quicktime dan Flash. Untuk menggunakan software ini anda harus membayar $64.95

12. ScreenRecord

screenRecord
Screenrecord adalah software yang meng-output secara otomatis ke quicktime dan dapat merekam semua klik dan semua screen activity. Untuk versi berbayar anda perlu membayar $19.95.

Untuk penggunaan software video screencast yang anda gunakan sesuaikan dengan kebutuhan dan yang pasti isi kantong anda.

Reference:

Comments

Popular posts from this blog

10 CMS untuk Forum

11 Website yang Membayar Anda untuk Meng-upload File

10 Soal Ujian dari Perusahaan untuk Web Programmer